Solar Home System (SHS) Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang paling sederhana

PT. 978 Energi Indonesia

Solar Home System (SHS) Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang paling sederhana

pembangkit listrik tenaga surya

Solar Home System (SHS) adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang paling sederhana untuk kebutuhan rumah di daerah terpencil, yang terdiri dari rangkaian : Solar Panel (panel tenaga surya), Charge Controller, Battery dan 4 lampu 5W dan 1 colokan USB charger HP yang mampu menerangi selama 12 jam ( jam 18.00 – 06.00).

System pembangkit listrik tenaga surya yang paling sederhana (Solar Home System (SHS)) ini disupport dengan solar cell 100Wp yang mampu menghasilkan 4x100Wp = 400Wh per hari atau setara 33,3 Ampere untuk 12 VDC. Controller 10A sebagai terminal pengontrol supply tenaga surya menuju ke Battery 100Ah dengan otonomi pemakaian 2 hari. Istilah Otonomi adalah kemampuan battery tetap terjamin ketersediaan arus dalam situasi mendung sampai 2 hari.

Perhitungan pemakaian per hari adalah 4x5W (lampu)x12 jam = 240Wh, dengan system 12 V maka Arus yang terpakai adalah 240Wh/12V = 20 Amper Hour masih jauh dari kapasitas total battery 100Ax12V = 1200Wh, oleh karena itu kecukupan battery 100Ah sangat terjamin bahkan bisa untuk 3 hari pemakaian. Ini juga bisa menjadi alasan penghematan budget dengan menurunkan kapasitas battery menjadi 80Ah atau 70Ah saja.

Inverter modified terpasang pada System pembangkit listrik tenaga surya yang paling sederhana (Solar Home System (SHS)) ini untuk memfasilitasi penggunaan lampu dan alat listrik dengan system AC sebagai acuan product lampu yang banyak dipasaran. Inverter tertulis 500VA biasanya product pasaran ini hanya support untuk 250W max dan bukan untuk aplikasi yang menggunakan motor seperti pompa, kipas angin karena design awal hanya untuk penerangan dan charging HP.

Dengan design yang user friendly atau mudah dimengerti System pembangkit listrik tenaga surya yang paling sederhana (Solar Home System (SHS)) ini bisa di install oleh siapa saja karena setiap connector dibuat khusus yang tidak mungkin terbalik instalasi Plus (+) dan minus (-). Setiap design kita lengkapi dengan Volt meter sebagai indicator kapasitas battery sehingga bisa dengan mudah kita tahu posisi battery. 

Maintenance System pembangkit listrik tenaga surya (Solar Home System (SHS)) ini sangat mudah hanya dengan pemakaian yang disiplin tidak melampaui 25W per jam dan secara rutin membersihkan permukaan solar cell.

Fitur-fitur nya:

Lampu Tenaga Surya untuk daerah terpencil
Tidak membutuhkan tenaga listrik, hanya menggunakan tenaga Surya
Penerangan di dalam rumah

Diagram System pembangkit listrik tenaga surya yang paling sederhana (Solar Home System (SHS))

Detail Spesifikasi System pembangkit listrik tenaga surya yang paling sederhana (Solar Home System (SHS))

Fota & gambar System pembangkit listrik tenaga surya yang paling sederhana (Solar Home System (SHS))

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi kami via WA